Tuesday, May 19, 2015

MENYATUKAN MANCHESTER

Tahun 2014 saya iseng-iseng melarikan diri ke Manchester. Lulus dari Nanyang Technological University (NTU) Singapura bulan depannya langsung pergi ke Inggris untuk lanjut mengambil MSc in Actuarial Science di University of Manchester.

Kehidupan di Manchester biasa-biasa aja: nonton bola di Old Trafford, makan nasi arab Aljazeera, masak makan malem setiap hari, jalan-jalan ke kota sama teman-teman yang orang Indonesia semua, belajar matematika-matematika lagi gak bosen-bosennya, kadang-kadang keliling Eropa, dan sebagainya. Ya begitulah tipikal orang yang kuliah di luar negeri.


Perhimpunan Pelajar Indonesia di Greater Manchester, ceritanya organisasi anak-anak Indonesia yang kadang-kadang ngebuat acara dan program-program lucu dan berguna. Setiap tahun mereka ngebuat acara tipikal Indonesian Cultural Festival namanya. Acara showcase budaya Indonesia biasa gitu yang semua PPI kota-kota di seluruh dunia selalu ngadain tiap tahun seharusnya. Supaya ada lah hal konkrit yang kita pelajar lakukan demi berbakti pada Indonesia.

Singkat cerita tiba-tiba saya lah yang ditunjuk jadi ketua panitia acara tersebut. Pengalaman nari saman di NTU ternyata cukup untuk bisa jadi ketua acara besar. Karena bosen ngebuat acara tipikal, jadilah untuk pertama kalinya kita buat drama musikal. Nekat sih, ngebuat drama musikal kan susah. Butuh composer lagu, scriptwriter, sutradara, penari/koreografer, aktor-aktris, musisi, dan lain-lain. Susah deh pokoknya keliatannya. Pengalaman saya di drama musikal sebelumnya cuman lagi-lagi jadi penari saman di ICN PINTU 2011. Sisanya cuma jadi penonton.

Tapi kok ternyata di sekeliling saya banyak teman-teman yang berbakat. Ada yang mau jadi music director, ada yang mau jadi scriptwriter, ada yang mau jadi sutradara, ada yang mau jadi koreografer. Wah, lengkap. Dijalankanlah tuh drama musikal ini, berjudul Batavia The Musical, yang dilaksanakan pada 18 April 2015 di tempat konser gaul: Manchester Academy 1. Sukses? Iya Alhamdulillah. Keren? Banget. Bangga? Yoi parah.

Yaa kan ini kali pertama kita PPI GM (singkatan dari Greater Manchester) mengadakan drama musikal, bukan hanya festival Indonesia tipikal yang biasa saja. Jadi kita harus tetap mengadakan manuver transisi gitu. Tetaplah kita adakan bazar makanan dan sedikit display-display kebudayaan Indonesia. Sayangnya persiapan kita sangat kurang maksimal di bagian non-stage performance nya. Jadi deh banyak kritik dan saran terhadap itu. Tapi gapapa namanya juga belajar pertama kali he he he. Maafkan saya ya :)

Tujuan saya sih sebenarnya mulia, atau nggak ya, ingin supaya pelajar Indonesia di UK nantinya bisa meluapkan kreativitas dalam produksi drama musikal yang diadakan secara berkala. Maksudnya seperti di Singapura gitu loh. Setiap tahun PPI dari setiap kampus di Singapura selalu memproduksi drama musikal yang sangat keren dan masif. PINUS dengan NUANSA, PINTU dengan ICN, SMUKI dengan GAYA, PPI Singapura sendiri dengan IAF, dan lain-lain. Kesannya tiap tahun mereka 'beradu' untuk memproduksi drama musikal yang terbaik.

Kayak gitu mempromosikan budaya Indonesia gak? Iya dong, banget malah. Budaya gotong royong, kerja keras, dan kreativitas bangsa Indonesia yang tidak terbatas! Haha! Budaya Indonesia sekarang bukan hanya tarian tradisional atau gamelan, Indonesia sudah maju bung! Tapi tetap sih biasanya di drama musikal tersebut banyak penampilan 'budaya' Indonesia yang 'sebenarnya'. Ada juga kok di Batavia the Musical kita: ada tari saman, penampilang angklung dari PPI Sheffield, akustikan lagu Sajojo dari Papua, dan tari ngibing asli Betawi.

Balik lagi, seru kan kalau kayak di Singapura. Bikin produksi besar gitu asik banget, sangat menyatukan panitianya, dapet banyak teman, pengalaman organisasi yang konkrit dan menyenangkan, sekaligus mempromosikan budaya Indonesia dan meluapkan kreativitas. Bayangin deh kalo kita gak buat drama musikal di ICF 2015 PPI GM ini. Gak ada tuh kenal banyak orang, temenan sama orang lain di luar geng kecil kita, dapet pengalaman yang seru dan berharga, dan punya kehidupan lain di masa S2 kita, gak kayak yang tersebut di paragraf ke-2 di atas. Hidup jadi lebih indah.

Setuju? Semoga tahun depan PPI GM bisa membuat ICF yang lebih baik lagi, dan terima kasih banyak kepada semua warga Manchester yang berpartisipasi. Teruslah menebar cinta pada dunia!


Manchester, 19 April 2015
Sehabis ujian time series analysis
Post pertama setelah tiga tahun

1 comment:

  1. Sorii mas fikri, mau nanya tau komunitas orang indo di manchester kah?

    ReplyDelete